Cara Merawat Anak Bayi

Cara Merawat Anak Bayi


Sudah sejak lahir bayi kita harus merawatnya dan kita harus belajar banyak tentang cara merawat bayi. Mulai dari menyusui, memandikan, menggendong, gantiin baju, mengantar imunisasi.

Cara Merawat Anak Bayi
Cara Merawat Anak Bayi

Ada beberapa alasan (menurut saya sih) kenapa bayi menangis:


Lapar (atau haus ya?)

Kalau ini sih jelas, dikasih tetek langsung dikencut. Perlu juga diperhatikan lancar atau tidaknya ASI. Kalau ASI tergolong sangat lancar, misal bisa memancar walau tidak dikencut, waspadai bayi tersedak, dan siapkan tissue atau lap buat menutup puting kalau si bayi melepaskan kencutannya, biar ASI tidak muncrat ke wajah bayi. Perlu juga divariasi antara payudara kanan dan kiri. Kalau ASI tidak begitu lancar, usahakan bayi bisa minum banyak, sambil dibantu memerah payudara supaya bayi tidak kecapekan ngencut. Kalau kelihatan mengantuk sementara minumnya masih sedikit, usahakan untuk ditowel-towel biar bangun dan menyelesaikan minumnya. 
Awas Gumoh!!!
Gumoh atau muntah pada bayi, kerap terjadi karena kekenyangan. Untuk mencegah gumoh, setelah minum bayi ditegakkan kemudian ditepuk-tepuk punggungnya agar bersendawa. Tapi jangan keras-keras menepuknya, nanti justru bayi yang kesakitan.
Kalau Nisa gumoh, kami biasanya memiringkan Nisa agar muntahan tidak kembali tertelan, atau terhirup lewat hidung. Saat memiringkan perlu diwaspadai agar muntahan tidak masuk ke telinga.
Ganti baju, gurita atau apapun yang terkena muntahan agar bayi senantiasa bersih.

Basah atau Kotor

Biasanya karena pipis atau eek. Tinggal dibersihkan saja kok. Tetapi jangan buat bayi merasa bersalah dengan mengatakan “Lho, kok pipis/eek?” atau “Lho, baru digantiin kok pipis/eek lagi?”. Cukup diciumi, disayang-sayang, atau diteteki sampai bayi reda menangisnya. Baru digantiin. Kalau digantiin pas nangis, bayi bisa tambah kenceng nangisnya, ibu atau bapaknya bisa tambah stress nanti.
Kami biasa mengatakan “Adik pipis/eek ya? Mmm.. ga pa pa. Sudah belum? Digantiin ya?”.

Kedinginan

Tanda-tanda kedinginan antara lain: hampir seluruh badan dingin, jari tangan menggenggam, jari kaki ditekuk ke bawah, kadang biru di bibir. Selain menggenggam jari, Nisa biasanya meletakkan genggamannya di leher.
Cara mengatasinya tentu saja dengan dibedong atau diselimuti serta dipakaikan kaos tangan dan kaos kaki. Kalau perlu digendong dan dipeluk hangat. Awas Kegerahan!!!

Kegerahan

Penyebab lainnya bisa jadi karena kegerahan. Terutama jika dibedong dan diselimut rapat. Bisa diketahui dengan keluarnya keringat di dahi atau rambut yang basah. Coba raba bantal atau alas kepala. Kalau basah, berarti bayi kegerahan, dan segera buka selimut atau bedong. Kaos tangan dan kaos kaki bisa tetap dipakaikan.
Ngantuk

Diteteki ga mau, kedinginan juga nggak, kegerahan juga tidak, wah bisa jadi ngantuk tuh. Kalau tidak mau dibobok-bobok sambil ditidurkan, coba digendong sambil ditepuk-tepuk pantat-nya dan dinyanyikan lagu “Nina Bobo"
Kalau nangisnya berhenti dan matanya mulai terpejam atau malah tertidur, jangan langsung ditidurkan di ranjang, tunggu sampai benar-benar pulas. Saya biasanya menunggu sampai Nisa menggeliat terus tidur lagi baru ditidurkan di ranjang.
Ibu atau bapaknya boleh nyusul tidur, terutama kalau malam hari. Supaya tidak mengantuk dan bisa terjaga dan fresh kalau si bayi menangis.
Awas, bayi bisa manja kalau setiap kali nangis langsung digendong.

Pingin Main

Semenjak Nisa bisa diajak becanda (atau istilah jawanya “dililing atau dikudang”), kalau tidak karena hal-hal di atas, Nisa pasti pingin main. Diajak ngomong saja sambil diciumi. Nanti kalau sudah capek, paling minta minum terus bobo. Karena yang diajak ngomong cuma bisa menggumam khas bayi (“aooo”, “mmmm”, “nggeehh”) ya dibetah-betahin aja ngomongnya. Bisa juga gantian dengan ibu atau bapaknya, atau didiamkan saja sebentar.

Sakit

Alhamdulillah Nisa tidak pernah sakit. Tetapi indikasi sakit bisa ditandai dengan panas tinggi, tidak mau menyusu, muntah-muntah, mencret atau hal-hal yang tidak wajar.
Ada beberapa tips untuk merawat bayi berdasarkan pengalaman kami merawat Nisa:
Bagi ibu yang kebetulan ASI-nya kurang lancar dan tidak suka minum susu untuk ibu menyusui, konsumsi saja daun Katuk, bisa dimasak sayur bening atau olahan lainnya, asal tidak terlalu pedas (biar bayi tidak mencret).
  1. Alhamdulillah ASI ibunya Nisa lancar, jadi tidak perlu masak yang macem-macem. Kadang minum susu segar atau makan trancam.
  2. Jangan biarkan bayi menangis terlalu lama karena akan membuatnya capek dan mengurangi kemauannya untuk minum ASI.
  3. ASI, ASI, dan ASI.
    Jika memang ASI keluar, sangat amat disarankan agar bayi diberi minum ASI. Beberapa waktu yang lalu, saat periksa ke DSA (Dokter Spesialis Anak) pertanyaan dari dokter adalah “Minumnya ASI saja kan? Kalau cuma ASI berarti aman-aman saja.”
  4. ASI, ASI, dan ASI.
    Loh, ASI lagi ya? Harga susu formula katakanlah perkotak 45 ribu. Dalam sebulan butuh 4-5 kotak, berarti ASI memberikan keuntungan secara ekonomis, plus tidak perlu membuatkan susu terlebih dulu. Kapanpun bayi haus, tinggal buka langsung minumkan.
    Coba bayangkan kalau dengan susu formula. Bayi menangis, masih harus membuatkan susu. Bayi menangis tambah keras, ibu tambah stress, giliran susu sudah siap, bayi ketiduran karena capek menangis. Susunya bakalan jadi basi kalau tidak segera diminumkan. Kalau basi, dibuang. Kalau dibuang, kan percuma belinya, alias duitnya terbuang juga.
  5. Tips yang lain menyusul..

Cara Merawat Anak Bayi

Cara Merawat Anak Bayi

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
Komisi 100% Untuk Anda ,dengan hasil yang luar biasa dan sangat mudah dijalankan,
dan satu lagi,bagi yang mempunyai blog,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.
Klik atau copy paste link berikut:

http://tinyurl.com/bv5oe2e

Apabila anda bergabung sekarang kami berikan cashback sebesar 50%

sms:085641877372 atau email saya: xtshop30@gmail.com

Posting Komentar